Kamis, 03 Februari 2011

latihan soal

Pelajaran : SOSIOLOGI
Waktu : 120 Menit


Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !

01. Perhatikan beberapa gejala sosial dalam masyarakat berikut !
1. Penjual dan pembeli di pasar tradisional melakukan transaksi.
2. Guru bersama siswa melakukan proses belajar di kelas
3. Dua kesebelasan bermain sportif untuk memperebutkan gelar juara
4. Seorang penjahat tertangkap basah dan dihakimi oleh massa
Yang termasuk interaksi sosial asosiatif adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
02. Para pekerja atau pegawai rajin bekerja untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Perilaku rajin bekerja tersebut didorong dan berorientasi untuk mendapatkan nilai ….
a. kerohanian/spiritual
b. kebendaan/material
c. kebenaran/logika
d. keindahan/estetika
e. kegiatan/vital

03. Setiap bertemu teman atau orang lain, kita senantiasa bertegur sapa secara sopan sehingga tercipta hubungan sosial yang teratur. Saling tegur sapa tersebut dilakukan secara terus menerus, baik dalam kondisi sedang sedih maupun gembira. Kontinuitas perilaku tegur sapa tersebut merupakan unsur pembentuk keteraturan sosial yang dinamakan ….
a. keajegan perilaku
b. tertib perilaku
c. pola perilaku
d. tatanan sosial
e. norma social




04. Pengertian sosialisasi adalah proses sosial individu belajar menyesuaikan diri dengan nilai, norma, dan, peran sosial di masyarakatnya dalam rangka pembentukan kepribadian. Jadi, tujuan individu dalam proses sosialisasi adalah ….
a. mengembangkan pergaulan
b. menyesuaikan dengan nilai
c. menjalankan peran sosial
d. membentuk kepribadian
e. mematuhi norma social

05. Orang tua melatih anak sejak lahir untuk bertutur kata dan berperilaku sopan kepada orang lain. Jika anak melakukan kesalahan, orang tua memberikan sanksi agar anak tidak melakukan penyimpangan kembali. Orang tua berpendirian, bahwa ajaran moral lebih didasarkan tradisi, bukan rasio; oleh sebab itu anak tidak diberi kebebasan untuk memilih apalagi menawar perintah orang tua.
Cara sosialisasi yang dilakukan orang tua tersebut tergolong ….
a. otoriter
b. tertier
c. primer
d. sekunder
e. ekualiter

06. Setiap keluarga berusaha untuk menjadikan generasi penerusnya memiliki ilmu dan keterampilan dengan kualitas tinggi. Media sosialisasi yang difungsikan untuk membentuk kepribadian anak dengan kualitas ideal tersebut adalah ….
a. keluarga
b. sekolah
c. teman sebaya
d. media massa
e. lingkungan kerja

07. Seorang remaja yang lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga berbudaya Melayu dapat menjadi orang dewasa dengan berkepribadian budaya Melayu pula. Kenyataan tersebut menunjukkan adanya hubungan fungsional antara sosialisasi dengan ….
a. kedaerahan
b. kebudayaan
c. kemasyarakatan
d. asal keturunan
e. tingkat pendidikan

08. Karena banyak bergaul dengan kelompok remaja jalanan yang biasa hidup tanpa memperhatikan norma yang berlaku, sebagian remaja berubah menjadi perokok dan tidak mau membantu pekerjaan rumah. Dalam pandangan sosiologi, perilaku menyimpang remaja tersebut terjadi karena sosialisasi ….
a. primer
b. sekunder
c. tidak sempurna
d. konflik budaya
e. perbedaan lingkungan

09. Masyarakat beramai-ramai menghakimi dengan kekerasan fisik terhadap pencuri sepeda motor yang tertangkap basah. Berdasarkan reaksi/respons dari masyarakat tersebut, tindak pencurian termasuk jenis penyimpangan ….
a. primer
b. sekunder
c. positif
d. negatif
e. campuran

10. Masyarakat yang baik selalu melakukan gerakan menegur dan meluruskan perilaku menyimpang yang dilakukan warganya dengan memberikan sanksi ringan atau berat. Pada dasarnya, pengendalian sosial tersebut dilakukan oleh masyarakar guna memenuhi kebutuhan social, yakni terciptanya ….
a. kemajuan
b. keteraturan
c. kebersamaan
d. kemakmuran
e. kesejahteraan

11. Seorang Ibu memberi nasihat kepada putra-putrinya agar lebih rajin belajar (membaca) supaya hasil ulangannya tuntas dan tidak remedial. Pengendalian sosial yang dilakukan seorang Ibu tersebut, berdasarkan caranya, tergolong jenis ….
a. proaktif
b. koersif
c. represif
d. persuasif
e. destruktif

12. Aparat negara (polisi, hakim, jaksa) mempunyai peran bagi terciptanya keteraturan sosial di masyarakat. Mereka berfungsi melakukan pengendalian terhadap perilaku yang menyimpang dari norma ….
a. tata kelakuan/moral
b. kebiasaan/adat
c. kesopanan/etika
d. kenegaraan/hukum
e. keagamaan/religi

13. Gambar sistem pelapisan social:


Keterangan:
1
1 = Pengusa/Pejabat
------------------- 2 = Masyarakat/Rakyat
2



Perbedaan social pada gambar di atas berdasarkan ….
a. pendidikan formal
b. jumlah kekayaan
c. asal keturunan.
d. tingkat kekuasaan
e. jenis keahlian

14. Struktur sosial kolonial Indonesia pada masa penjajahan Jepang:


Keterangan:
1
1 = Kulit Kuning
2 2 = Kulit Cokelat
3 = Kulit Putih
3



Karena berdasarkan factor fisik (ras), maka pelapisan sosial pada gambar di atas bersifat tertutup karena tidak terjadi mobilitas ….
a. geografis
b. horizontal
c. vertikal
d. politik
e. ekonomi

15. Masyarakat Indonesia mempunyai keragaman suku yang hidup berdampingan dalam wilayah Nusantara. Keragaman suku bangsa tersebut membentuk struktur sosial yang bersifat horizontal dengan alasan ….
a. semua suku mempunyai tingkat kesejahteraan yang sama
b. setiap suku mempunyai sistem budaya dan adat yang luhur
c. suku di Indonesia mempunyai hak untuk hidup berdampingan
d. perbedaan suku tidak membedakan status (hak dan kewajiban)
e. perbedaan budaya dapat menjadi modal pembangunan nasional

16. Bebarapa gejala sosial dalam masyarakat:
1. Revolusi atau perubahan sosial yang cepat
2. Masyarakat melakukan pengendalian sosial
3. Setiap kelompok mempunyai kepentingan sendiri
4. Perilaku sosial didasarkan nilai dan norma setempat
Yang dapat menjadi penyebab konflik sosial adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

17. Seringkali terjadi konflik diantara tokoh dan pendukung partai politik peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada). Konflik memperebutkan kekuasaan tersebut tergolong konflik dalam bidang ….
a. keturunan
b. ekonomi
c. wilayah
d. agama
e. politik

18. Perbedaan pendapat antara dua pemain sepak bola di lapangan dapat diakhiri setelah wasit yang memimpin pertandingan membuat keputusan dan kedua pemain menerima dengan ikhlas terhadap keputusan wasit tersebut. Bentuk akomodasi penyelesaian konflik tersebut dinamakan ….
a. arbitrasi
b. mediasi
c. kompromi
d. konsiliasi
e. adjudikasi

19. Perhatikan komunitas social majemuk berikut ini !


Kelompok: Kelompok:
Suku Batak Suku Minang
Pegawai Pedagang





Struktur sosial padfa gambar tersebut berpotensi terhadap terjadinya….
a. konflik social horizontal
b. interseksi struktur sosial
c. integrasi sosial
d. diferensiasi sosial
e. stratifikasi social

20. Karena kekurangan lahan untuk bertani, banyak keluarga petani miskin dari Jawa dan Bali bertransmigrasi ke wilayah lain dan menjadi petani tangguh yang sukses dalm meningkatkan taraf hidup. Terjadinya transmigrasi dan mobilitas sosial vertical naik tersebut didorong oleh faktor ….
a. keterbatasan sarana
b. kemiskinan ekonomi
c. kepadatan penduduk
d. keterampilan bertani
e. kebiasaan hidup sederhana

21. Beberapa pegawai negeri sipil dan militer yang terbukti melanggar disiplin organisasi dikenai sanksi pemecatan secara tidak terhormat oleh pimpinannya. Sejumlah oknum yang dipecat tersebut mengalami mobilitas sosial ….
a. geografis
b. penduduk
c. horizontal
d. vertikal
e. campuran

22. Beberapa lembaga sosial dalam masayarakat:
1. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal
2. Organisasi keagamaan dibentuk oleh umat beragama
3. Perkumpulan professional yang diikuti para sarjana
4. Badan usaha yang dimiliki oleh negara maupun swasta

Yang dapat menjadi saluran efektif untuk mobilitas sosial bagi individu dengan prestasi akademis tinggi adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

23. Sering sekali kita melihat sejumlah orang beragama berkumpul di tempat ibadahnya. Meskipun berbeda suku dan daerah asal, mereka memiliki ikatan hubungan sosial yang kuat berdasarkan factor ….
a. teritorial/wilayah
b. geneologis/darah
c. sakral/hal yang suci
d. komunal/kelompok
e. tradisional/adat

24. Beberapa ciri hubungan sosial di masyarakat:
1. Rasa setia kawan/solidaritas sangat kurang
2. Lebih banyak melakukan interaksi secara tatap muka
3. Mementingkan manfaat dan keuntungan ekonomis
4. Saling mengenal secara pribadi (hubungan personal)





Ciri-ciri yang terdapat pada kehidupan masyarakat paguyuban adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

25. Kemajemukan masyarakat Indonesia di bidang kehidupan berbudaya ditandai dengan adanya kebhinnekaan atau keragaman ….
a. jenis suku yang sangat banyak
b. agama yang dianut masayarakat
c. struktur wilayah yang tidak sama
d. adat dan kebiasaan masyarakat
e. jenis pekerjaan dan penghidupan

26. Masyarakat Indonesia bersifat multi-etnis karena memiliki keragaman kelompok suku yang berbeda dan semuanya berhak untuk hidup dan berkembang di masyarakat. Dalam tinjauan sosiologis, adanya perbedaan jenis suku tersebut disebabkan oleh faktor sosiologis-historis, yakni ….
a. letak wilayah di antara dua samudera dan dua benua besar
b. keterbaatasaan sarana komunikasi dan transportasi masa lalu
c. pengalaman dijajah bangsa-bangsa besar sebelum merdeka
d. sumber kekayaan alam yang tersebar di seluruh nusantara
e. isolasi sosial karena bentuk wilayah geografis kepulauan

27. Sikap-perilaku individu dalam masyarakat:
1. Bersedia membangun usaha-bisnis bersama orang yang berbeda agama.
2. Membentuk perkumpulan khusus bagi orang-orang sedaerah asal.
3. Kurang suka menonton pertunjukan seni tradisional budaya Sunda
4. Belajar ilmu yang disampaikan oleh orang dari suku/agama apa saja.

Yang dapat merusak kerukunan dan tidak sesuai dengan kehidupan multikultural adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

28. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan … yang mencakup di dalamnya nilai-nilai dan pola-pola perilaku …(Prof. Selo Soemardjan). Penjelasan tersebut lebih menegaskan tentang ….
a. tujuan masyarakat
b. lembaga sosial
c. pola-pola perilaku
d. pelaku perubahan
e. unsur yang berubah

29. Perubahan mode busana mengikuti pola melingkar-berulang. Dari busana longgar berubah ketat; dan setelah beberapa waktu lagi, secara bertahap mode busana mengalami perubahan menjadi longgar kembali, kemudian ketat lagi.
Irama atau pola perubahan tersebut berbentuk ….
a. siklus
b. linear
c. evolusi
d. revolusi
e. inovasi



30. Beberapa penyebab perubahan sosial dalam masyarakat:
1. Penemuan baru peralatan dan perlengkapan hidup masyarakat
2. Konflik perselisihan diantara kelompok partai politik peserta Pilkada
3. Bencana alam yang menimbulkan perubahan lingkungan hidup
4. Penetrasi atau masuknya unsur budaya asing melalui media massa
Yang tergolong factor ekstern bagi terjadinya perubahan sosial adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

31. Proses globalisasi dapat menghilangkan batas-batas sosial-budaya dan memberikan keleluasaan bagi kita untuk secara bebas melakukan kegiatan travel, trade, dan telecommunication secara lintas negara. Jika mampu mengambil manfaat dari globalisasi tersebut, kebebasan komunikasi dengan dunia luar akan berdampak positif bagi kita dalam bentuk ….
a. masuknya investasi asing
b. banyaknya impor barang dari luar
c. tingginya persaingan bisnis/usaha
d. mudahnya mendapatkan informasi
e. lunturnya jati diri/kepribadian bangsa

32. Modernisasi mengubah kehidupan masyarakat menjadi serba efisien, produktif, praktis dan nyaman. Namun, modernisasi juga mendorong terciptanya pola hidup yang cenderung mengejar kemewahan duniawi dan konsumtif. Kenyataan tersebut menunjukkan, bahwa modernisasi dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk gaya hidup ….
a. anarkhis, melakukan pengrusakan fasilitas umum
b. sekuler, tidak percaya adanya ajaran dosa dan pahala
c. hedonis, mengutamakan kenikmatan jangka pendek
d. ekonomis, menghemat anggaran belanja/pengeluaran
e. fanatis, hanya mengakui kebenaran kelompok sendiri

33. Pengertian lembaga sosial adalah seperangkat norma khusus yang mengatur kegiatan sosial tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidup guna menjaga kelangsungan hidup masyarakat. Jadi, pada dasarnya lembaga sosial tidak lain merupakan ….
a. seperangkat norma khusus
b. kegiatan masyarakat tertentu
c. upaya memenuhi kebutuhan hidup
d. kegiatan menjaga kelangsungan masyarakat
e. kumpulan individu yang mempunyai norma khusus

34. Banyak keluarga harus berusaha menjaga putra-putrinya dari pengaruh negatif gaya hidup liberal/bebas yang serba permisif dan tidak takut dosa. Upaya orang tua tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi ….
a. sosialisasi
b. ekonomi
c. edukasi
d. proteksi
e. afeksi

35. Berdasarkan ketentuan kurikulum yang berlaku, setiap sekolah Indonesia harus mengajarkan kepada para siswa mata pelajaran sejarah, bahasa, dan geografi nasional. Hal itu membuktikan, bahwa lembaga sekolah mempunyai fungsi ….
a. mengembangkan bakat dan minat siswa
b. membentuk generasi yang berbudi luhur
c. mewariskan kekayaan budaya masyarakat
d. memberikan keterampilan untuk bekerja
e. menjaga kesatuan atau integrasi bangsa

36. Sejak zaman dahulu, setiap masyarakat mengembangkan lembaga ekonomi yang mencakup lembaga produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada dasarnya, fungsi dari lembaga ekonomi bagi kehidupan masyarakat adalah ….
a. meningkatkan hasil pertanian pangan
b. menanamkan kebiasaan pola hidup hemat
c. mengendalikan jumlah dan mutu penduduk
d. mengembangkan sistem ekonomi modern
e. mengatur kegiatan mencapai kemakmuran

37. Seorang siswa melakukan penelitian dengan topik Semangat Berkompetisi dalam Belajar. Topik tersebut dipilih karena menarik minat sehingga mempunyai manfaat bagi siswa peneliti, yaitu ….
a. meningkatkan mutu ilmu pengetahuan
b. mendorong semangat meneliti
c. mengembangkan potensi ilmiah
d. membangun tradisi meneliti
e. memperkaya pengalaman siswa

38. Ketika mengumpulkan data, siswa peneliti melakukan kegiatan menyebarkan daftar pertanyaan tertulis kepada responden. Selang beberapa hari, setelah diisi oleh responden, siswa peneliti mengambil daftar tersebut.
Dalam contoh tersebut, siswa peneliti memperoleh data teknik ….
a. angket
b. observasi
b. ekperimen
c. wawancara
d. analisasis media

39. Setelah menyebar kusesioner, seorang peneliti memperoleh data besaran uang saku harian siswa SMA dalam menyusunnya dalam tabel sebagai berikut:


Uang Saku (Rp) f Catatan:

25.000 30 Mo = 10.000,-
20.000 40
15.000 60
10.000 70
5.000 40

JUMLAH 240


Modus dari data dalam tabel sebesar Rp 10.000,- mempunyai arti, bahwa ….
a. paling kecil uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
b. rata-rata uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
c. paling banyak uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
d. paling tinggi uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
e. paling ideal uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari

40. Setiap kegiatan penelitian perlu disusun dalam bentuk laporan yang tersusun sistematis dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Fungsi pokok dari laporan tertulis tersebut adalah memberikan kemudahan dalam ….
a. menambah jumlah koleksi perpustakaan
b. mengkomunikasikan hasil penelitian
c. menggali sumber ilmu pengetahuan baru
d. melengkapi tugas mata pelajaran tertentu
e. mengembangkan minat terhadap penelitian

1 komentar: