Rabu, 27 Oktober 2010

LATIHAN SOAL

Petunjuk :
1. Untuk nomor 1 s.d 60 pilihlah satu jawaban yang paling tepat
2. Untuk nomor 61 s.d 65 kerjakan secara singkat,jelas maksudnya dan benar

SOAL
1. Sistem tata kerja masyarakat petani pada umumnya bersifat komunal , artinya ……
a. Pembagian kerja menurut spesialisasi.
b. Sudah diatur sesuai peraturan.
c. Memperhitungkan UMR.
d. Semua pekerjaan dikerjakan bersama
e. Setiap anggota tidak dapat mengerjakan semua jenis pekerjaan.

2. Sistem social yang menempatkan dan menghargai tinggi kelompok masyarakat yang menguasai tanah ( tuan tanah ) disebut sistem….
a. kapitalisme
b. tradisiolisme
c. agrarisme
d. ruralisme
e. feodalisme
3. Pengaruh feodalisme pada sistem pelapisan social di Indonesia terlihat dalam contoh berikut ……..
a. kebangsawanan masih dipandang tinggi oleh masyarakat.
b. Pendidikan kurang dianggap penting sebagai dasar pelapisan social.
c. Kekayaan dan pendidikan merupakan factor dominan dalam pelapisan social
d. Kekuasaan masih didominasi oleh sekelompok bangsawan.
e. Masyarakat Indonesia pada umumnya masih keturunan bangsawan.

4. Kelompok social yang menduduki lapisan social paling bawah pada masa pemerintahan Belanda di Indonesia adalah golongan ……..
a. pribumi
b. Eropa
c. Cina/tionghoa
d. Arab
e. India.

5. Perhatikan kondisi masyarakat dibawah ini !
1. keterbelakangan dalam bidang pendidikan.
2. kesenjangan social pada masyakat kota.
3. dualisme ekonomi modern dan tradisional
4. keterbelakangan budaya
Dari pengamatan diatas yang merupakan akibat kolonialisme adalah nomor………
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

6. Ketika kolonial melancarkan usahanya secara besar besaran dibidang perkebunan mereka berdampingan dg kehidupan para petani tradisional yg hanya mengandalakan kemampuannya. Karenanya tampak muncul dulisme kelompok yaitu……
a. mandor dengan para buruh.
b. Mandor dengan petani tradisional
c. Pengusaha perkebunan dengan petani tradisional
d. Pengusaha pertanian dengan bangsawan.
e. Bangsawan dengan priyayi.

7. Pada zaman kolonial Belanda di Indonesia golongan pribumi yang dikenal dengan sebutan Inlander mendapat pendidikan yang sifatnya…….
a. bebas/umum.
b. Dibatasi
c. Istimewa
d. Demokrasi
e. Liberal.

8. Pak Arman pindah ke kota besar untuk mengadu nasib. Karena keuletan dan keterampilannya, ia berhasil menjadi karyawan disebuah pabrik yang cukup besar. Pak Arman berubah dari seorang petani desa menjadi buruh pabrik. Alih profesi tersebut sejalan dengan proses menuju masyarakat……
a. Tradisional
b. Kota modern
c. Industri
d. Feodal
e. Urbanisasi

9. Perubahan budaya sikap masyarakat yang sudah tidak relevan lagi jika diterapkan pada masyarakat industrialisasi, misalnya………
a. pola pikir dari sifat irasional ke rasional.
b. Malahirkan jenis jenis pekerjaan spesialisasi.
c. Berorientasi pada keberhasilan masa lalu
d. Berusaha untuk maju disemua bidang kehidupan.
e. Berorientasi pada keberhasilan dimasa mendatang

10. Kelas kelas social masyarakat industri di Indonesia paska orde baru menunjukkan ….
a. kelas atas menujukkan jumlah terus bertambah seiring pertumbuhan industrialisasi.
b. Kelas atas tetap kelas menengah meningkat dan kelompok miskin berkurang.
c. Kelas atas tetap kelas menengah mengalami fluktuasi, kelompok bawah semakin bertambah akibat krisis ekonomi
d. Hampir perubahan semua kelas mengalami kenaikan dan penurunan.
e. kelas bawah menunjukkan kenaikan yang seknifikan

11. Masyarakat Indonesia terdiri dari petani, pegawai, pengusaha, pedagang dan guru. Heterogenitas tersebut merupakan diferensiasi social atas dasar………..
a. peranan
b. hak
c. status
d. kewajiban
e. pekerjaan

12. Tingkat dan besarnya hak/kewajiban social antar individu yang beragama maupun suku bangsa sebagai warga negara Indonesia tetap sama, sebab keragaman agama dan suku bangsa termasuk diferensiasi ……………
a. Universal
b. Vertikal
c. Horizontal
d. Relatif
e. Formal
13. Kemajemukan masyarakat Indonesia berpotensi terhadap munculnya konflik horizontal yang keras, apabila didalam setiap kelompok terjadi proses …..
a. Integrasi.
b. Disintegrasi
c. Konsolidasi
d. Interseksi
e. Toleransi

14. Komunitas dikota umumnya majemuk. Artinya beragam agama dan suku bangsa. Individu yang agamanya berbeda berasal dari suku bangsa yang sama dan sebaliknya. Struktur social tersebut berbentuk…………….
a. Konsolidasi
b. Kooperasi
c. Kompetisi
d. Interseksi
e. Katagorisasi

15. Sebagai salah satu konsekuensi logis dari sifat kemajemukan masyarakat Indonesia antara lain lahirnya ikatan ikatan kelompok social yang kuat, sempit dan berlebihan, seperti suku bangsa agama ras yang terbaik dari pada lainnya, disebut…….
a. Ethnosentrisme
b. xenosentrisme
c. westernisasi
d. primordialisme
e. fanatisme

16. Salah satu pengaruh primordialisme terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara adalah….
a. Menghambat proses integrasi nasional
b. Mendorong proses integrasi nasional
c. Menghilangkan sentimen kedaerahan
d. Mempertajam perbedaan pandangan
e. Membangkitkan rasa permusuhan

17. Satu contoh kasus politik aliran yang dapat menghambat integrasi nasional, yaitu……..
a. Unjuk rasa karyawan pabrik sepatu menuntut kenaikan gaji
b. Terjadinya pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965
c. Reaksi masyarakat terhadap penggusuran pemukiman kumuh
d. Operasi militer terhadap warga sipil bersenjata
e. Razia terhadap WNA yang menyangkut kasus peredaran narkoba.

18. Progam keluarga berencana pada awalnya banyak mengalami hambatan dan tantangan religius, namun sekarang berjalan baik , lancar dan sukses. Kasus diatas menunjukkan adanya primordialisme agama dalam bentuk …….
a. penolakan terhadap penemuan baru
b. KB adalah urusan pribadi/perorangan
c. Persepsi masyarakat terhadap KB
d. Pendidikan bangsa Indonesia masih rendah
e. Sikap kritis masyarakat pada pemerintah

19. Sikap ethnosentrisme dapat membatasi dan menghambat proses asimilasi karena adanya…….
a. prasangka negatif
b. diskriminasi
c. perbedaan fisik
d. kebebasan beragama
e. diferensiasi social budaya

20. Masyarakat Indonesia bersifat majemuk terdiri atas berbagai suku bangsa,adat istiadat,agama,ras dan kebudayaan. Dalam perbedaan tersebut terjadi proses hubungan kerja sama dan terbentuk suatu kesatuan agar harmonis. Bersadarkan kenyataan itu dapat diketahui adanya proses menuju …..
a. Kristalisasi
b. Kerja sama
c. Integrasi
d. Persaingan
e. Disintegrasi

21. Potensi konflik sangat besar terdapat pada masyarakatmajemuk dengan struktur social ….
a. Berbeda beda
b. Minoritas dominan
c. Mayoritas dominan
d. Kompetisi seimbang
e. Kompetisi tak seimbang

22. Dalam rangka menuntut perubahan social, aksi protes dan demontrasi seharusnya dilakukan masyarakat tanpa disertai ………
a. Dialog
b. Poster
c. Unjuk rasa
d. Mogok makan
e. Kerusuhan

23. Konflik sebagai akibat perubahan social yang cepat di era reformasi tidak akan memecah belah masyarakat Indonesia apabila disertai dengan upaya bersama untuk mendukung ….
a. pemerataan pembangunan
b. pertumbuhan ekonomi
c. stabilitas pembangunan
d. solidaritas social
e. akomodasi baru

24. Contoh situasi yang menandai terjadinya disintegrasi social sebagai akibat perubahan social antara lain ………….
a. Sanksi berfungsi efektif
b. Timbul kebersamaan dalam masyarakat
c. Meningkatkan wibawa aparat
d. Solidaritas kelompok meningkat
e. Masyarakat kurang mematuhi norma yang berlaku

25. Salah satu proses disintegrasi sebagai akibat perubahan social adalah aksi social, maksudnya ……..
a. Pergolakan masa sebagai perwujudan rasa tidak puas terhadap kejadian dalam masyarakat.
b. Peristiwa disintegrasi yang mempersalahkan persoalan persoalan yang menyangkut keamanan
c. Suatu bentuk kontrol social yang menuju kearah kerusakan dan keamanan.
d. Suatu bentuk kontrol social yang menuju kearah perbaikan dan kemajuan
e. Gejala social yang pada mulanya merupakan ide sekelompok kecil orang

26. Berbeda dengan masyarakat kota, sikap masyarakat desa tradisional terhadap gejala perubahan social yang terjadi biasanya bersifat …
a. partikularis dan pasif
b. orientasi kelompok dan reaktif
c. gotong royong dan dinamis
d. statis dan berprasangka
e. pasif dan gotong royong

27. Perhatikan perilaku berikut !
1] Berpikir praktis dan sederhana
2] Menjaga keselarasan hubungan social
3] Mengamati perubahan iklim/musim
4] Menerima penggunaan mesin modern
Dari contoh diatas yang banyak dilakukan masyarakat pedesaan adalah nomor ………..
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

28. Perhatikan cirri cirri masyarakat sebagai berikut ini !
1] Spesialisasi pekerjaan
2] Setia pada tradisi
3] Berpikir rasional
4] Orientasi kolektif
5] Bersifat kekeluargaan
Yang menjadi cirri masyarakat tradisional adalah …..
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 5
d. 2, 4 dan 5
e. 3, 4 dan 5

29. Ciri masyarakat tradisional yang berhubungan dengan tata nilai adalah ….
a. banyaknya toleransi terhadap penyimpangan
b. sedikit diferensiasi dan homogen
c. ketergantungan terhadap alam tinggi
d. rendahnya perkembangan ilmu pengetahuan
e. bersifat konservatif dan sederhana

30. Dilihat dari struktur sosialnya, perubahan social dari masyarakat berburu menjadi masyarakat bercocok tanam merupakan perubahan yang bersifat ………..
a. Evolusioner
b. Revolusioner
c. Disengaja
d. Invention
e. Discovery

31. Perhatikan cirri masyarakat berikut :
No Masyarakat modern Masyarakat tradisional
1 Memiliki mata pencaharian yg berbeda Dipengaruhi keadaan geografis
2 Bersifat individualis Bersifat demokrasi
3 Pembagian kerja jelas Tidak berdasarkan keahlian
4 Fertilitas tinggi Fertilitas rendah
5 Mortalitas angka kematian rendah Angka kematian tinggi
Ciri masyarakat modern dan tradisional yang benar ditunjukkan pada nomor ……..
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 2 dan 5
e. 3 dan 5

32. Fungsi pranata politik antara lain …….
a. memelihara harta benda atau kekayaan dari ancaman pihak lain
b. untuk memerangi segala kekurangan, kebodohan dan keterbelangan dalam masyarakat
c. menumbuhkan kreativitas atau kemampuan peserta didik
d. mengembangkan kemampuan, mutu, dan martabat kehidupan bangsa Indonesia
e. melindungi warga masyarakat dari ancaman bahaya baik dalam maupun luar negeri.

33. Pengaruh moderenisasi di Indonesia di bidang politik antara lain ditandai dengan meningkatnya fungsi ……
a. partai politik sebagai wadah aspirasi rakyat
b. LSM ( Ornop ) yang kian bebas
c. Kemantapan ideologi nasional
d. Aksi protes social yang kian teratur
e. Kampanye dan konsolidasi politik rakyat

34. Perkembangan IPTEK di bidang informasi, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang fungsi agama yang mengarah pada kemurnian agama. Kenyataan tersebut merupakan gejala moderenisasi dalam bentuk ……….
a. Restrukturisasi
b. Spesialisasi
c. Revitalisasi
d. Rasionalisasi
e. Sekularisasi

35. Upacara ritual keagamaan yang sakral diganti dengan kegiatan organisasi yang berfungsi bagi masyarakat, merupakan contoh dari …….
a. inovasi masyarakat
b. gejala sekularisasi
c. moderenisasi ekonomi
d. gejala akomodasi
e. efisiensi keagamaan

36. Berikut ini yang merupakan contoh gejala moderenisasi masyarakat Indonesia di bidang politik adalah meningkatnya…..
a. Keberanian mengeluarkan pendapat
b. Pajak sebagai sumber keuangan negara
c. Peranan iptek dalam bidang transportasi
d. Munculnya pusat pusat industri baru
e. Aktualisasi beragama dalam kehidupan

37. Penemuan dan penggunaan komputer dalam mengakses data penelitian merupakan gejala dari……
a. inovasi dan reformasi
b. efisiensi dan moderenisasi
c. rasionalisasi dan invention
d. invention dan inovasi
e. discovery dan skularisasi

38. Masyarakat Indonesia yang agraris melakukan pembangunan menuju masyarakat industri modern. Kenyataan ini menujukkan bahwa industrialisasi merupakan sarana ………
a. Urbanisasi
b. Westernisasi
c. Moderenisasi
d. Efisiensi
e. Pembangunan

39. Penemuan konstruksi sosrobahu memudahkan pembangunan jalan layang, penemuan konstruksi cakar ayam memudahkan pembangunan bangunan bertingkat. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ….
a. Ilmu pengetahuan selalu diikuti teknologi
b. Ilmu pengetahuan penting dalam kehidupan manusia
c. Ilmu pengetahuan mendorong kemajuan teknologi
d. Industrialisasi penting dalam pengembangan iptek
e. Ilmu pengetahuan dan toknologi memudahkan hidup manusia.

40. Mobilitas masyarakat kota tinggi karena ………
a. Penduduk homogen dan jenis pekerjaan banyak
b. Penduduk hiterogen dengan berbagai jenis pekerjaan
c. Sikap individualis dan cenderung konsumtif
d. Sifat masyarakatnya egois dan dinamis
e. Cara berpikir lebih rasional

41. Moderenisasi dalam sector industri yang sangat cepat, banyak dijumpai di kota kota besar. Industrialisasi secara modern tersebut membutuhkan banyak jenis tenaga kerja, sehingga mengakibatkan………..
a. inflasi
b. devaluasi
c. westernisasi
d. urbanisasi
e. pasar bebas

42. Makna moderenisasi di bidang ekonomi adalah …..
a. penggunaan sistem ekonomi liberal seperti negara negara barat
b. proses industrialisasi yang dapat menggantikan sistem ekonomi pertanian
c. pelaksanaan sistem ekonomi disesuaikan dengan era globalisasi
d. mengganti tatanan ekonomi tradisional dengan sistem industri
e. pemanfaatan lahan tidur untuk mengurangi dampak krisis ekonomi

43. Sekularisasi di bidang agama juga menyangkut bidang ekonomi, politik dan sosial karena agama……
a. tidak hanya mengatur masalah akhirat tetapi juga dunia
b. harus dipahami secara murni sesuai dengan ajaran
c. harus dilaksanakan oleh seluruh umut manusia
d. harus dijadikan landasan hokum suatu negara
e. bersifat universal dan tidak lekang oleh zaman

44. Pergaulan bebas tidak bermoral dan aborsi merupakan contoh dari bahaya …….
a. Moderenisasi
b. Industrialisasi
c. Mekanisasi
d. Sekularisasi
e. Urbanisasi

45. Penggunaan alat alat modern di bidang industri merupakan salah satu dorongan untuk moderenisasi yaitu…….
a. mendapatkan nilai tambah
b. ingin hidup praktis nyaman
c. meningkatkan disiplin kerja
d. meringankan beban kerja
e. penghematan tenaga kerja

46. Pemerintah kolonial Belanda melakukan eksploitasi ( tanam paksa ) terhadap penduduk Indonesia, akibatnya masyarakat Indonesia mengalami ……
a. keterbelakangan ekonomi
b. kemiskinan ekonomi
c. kesehatan rendah
d. kesenjangan social
e. kebodohan politik

47. Diterapkannya kerja paksa dan tanam paksa oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia menyebabkan terbentuknya sikap mental …….
a. kurang percaya diri
b. mudah puas
c. pesimis
d. feodal
e. malas

48. Pengaruh kolonialisme di Indonesia yang mengganggu proses integrasi nasional adalah ……
a. Kebodohan
b. Kemiskinan
c. Keterbelakangan
d. Prasangka etnis
e. Konflik horizontal


49. Pembangunan nasional yang bertumpu pada pembangunan pertanian, ternyata di masa krisis ekonomi berhasil menjadi ……..
a. penyerap tenaga kerja
b. pengguna teknologi
c. penyedia pangan
d. penghasil devisa
e. saka guru ekonomi

50. Upaya pemerintah dalam bidang pendidikan yang mengacu kepada tujuan pendidikan nasional adalah ……
a. meningkatkan mutu pendidikan agar setara dengan bangsa lain
b. mewujudkan manusia yag beriman,trampil dan bertanggung jawab
c. membina guru secara terus menerus sesuai bidang dan kebutuhan
d. meningkatkan program penyetaraan bagi guru dan pegawai pendidikan
e. meningkatkan sarana dalam penyelenggaraan pendidikan nasional

51. Langkah langkah yang ditempuh dalam rangka menciptakan stabilitas nasional di bidang social budaya adalah ………..
a. melaksanakan pemilihan umum
b. mendorong proses integrasi
c. memperkuat tentara dan polisi
d. meningkatkan program pemerataan
e. kerja sama regional antarnegara

52. Secara sosiopsikologis, kendala yang dihadapi guru dalam mendorong siswa untuk belajar secara mandiri adalah factor kurangnya………….
a. minat baca
b. bahan pustaka
c. jumlah guru
d. sarana
e. kwalitas guru

53. Program wajib belajar 9 tahun sebagai upaya pemerintah dalam bidang pembangunan sector pendidikan telah memberikan hasil yang nyata yaitu….
a. Kegiatan penataran bagi guru bidang studi meningkat
b. Makin meluasnya pendidikan keahlian dan kejuruan
c. Menurunnya jumlah penduduk yang buta huruf
d. Pergantian kurikulum setiap sepuluh tahun
e. Pemerataan pendidikan bagi masyarakat

54. Ilmu pengetahuan berhubungan erat dengan masyarakat karena fungsinya sebagai syarat moderenisasi yaitu …………...
a. perencanaan
b. pola pikir
c. penelitian
d. manajemen
e. modal

55. Pembangunan dibidang pertanian tidak kalah penting dibanding dengan bidang bidang lain sebab dapat ……
a. berswasembada pangan khususnya beras
b. menghasilkan lahan pertanian yang produktif
c. menyediakan bibit unggul yang tahan hama
d. memperluas kesempatan berusaha disektor pertanian
e. memegang teguh tradisi dalam mengelola lahan pertanian

56. Perhatikan prilaku menyimpang berikut !
1] sikap boros dan suka berfoya foya dikalangan selebritis
2] homoseksual yang dilakukan kaum gay dikota besar
3] Perkelahian pelajar yang menewaskan seorang siswa SMU
4] penodongan yang dilakukan penjahat terhadap sopir taksi
Dari daftar tersebut diatas yang termasuk tindak kejahatan adalah nomor …………
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4

57. Perhatikan pernyatan sebagai berikut !
1] Meningkatkan peran karang taruna di masyarakat
2] memperbanyak siaran TV
3] menyediakan sarana olah raga untuk umum
4] membangun tempat rekreasi untuk umum
Dari pernyataan diatas yang merupakan upaya untuk mengurangi kenakan remaja adalah nomor……
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
e. 1 dan 4

58. Faktor yang menyebabkan kesenjangan social ekonomi dalam masyarakat Indonesia antara lain ……..
a. proses integrasi yang belum selesai
b. proses asimilasi yang banyak terhambat
c. kesempatan berusaha belum dimiliki semua orang
d. pembangunan yang masih berlangsung terus
e. asimilasi yang tidak pernah tuntas


59. Kenakalan remaja merupakan salah satu dampak negatif pembangunan yang disebabkan oleh kegagalan dalam………..
a. mengikuti pembangunan
b. mengelola hasil pembangunan
c. menikmati hasil pembangunan
d. merencanakan pembangunan
e. menilai pembangunan

60. Akibat negatif dari pembangunan yang tidak merata dalam masyarakat adalah ……………
a. kecemburuan social
b. kesenjangan social
c. penyimpangan social
d. ketidak stabilan social
e. kerusuan social

61. Apa yang dimaksud dengan social climbing dan social sinking dalam mobilitas.

62. Suatu pranata social bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok manusia pada dasarnya mempunyai beberapa fungsi. Sebutkankan fungsi pranata social tersebut.

63. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kontak social primer dan kontak social skunder

64. Bagaimanakah kondisi keteraturan social dapat dicapai oleh masyarakat.

65. Pembentukan kepribadian merupakan proses sosialisasi. Sebutkan 4 faktor penting yang mempengaruhi pembentukan kepribadian.





KUNCI JAWABAB SOSIALOGI KELAS 3 SEMESTER 2
SMU NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK
1 D 11 C 21 A 31 B 41 D 51 D
2 E 12 A 22 E 32 E 42 C 52 A
3 C 13 C 23 C 33 A 43 E 53 C
4 A 14 D 24 E 34 C 44 D 54 B
5 C 15 D 25 A 35 B 45 A 55 E
6 C 16 A 26 D 36 A 46 B 56 E
7 B 17 B 27 C 37 D 47 A 57 B
8 C 18 A 28 D 38 C 48 E 58 C
9 C 19 A 29 B 39 C 49 C 59 B
10 C 20 C 30 A 40 B 50 B 60 A




1. sosial climbing : perpindahan kedudukan social seseorang dari lapisan rendah ke lapisan social tinggi
Sosial Sinking : perpindahan kedudukan social seseorang tinggi ke lapisan social rendah

2. a. Memberikan pedoman bagi masyarakat untuk bersikap, berprilaku didalam menghadapi masalah dalam masyarakat.
b. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan.
c. Memberikan pegangan untuk mengadakan sistem kontrol social.

3. Kontak social primer : Kontak social yang terjadi secara langsung antar pihak pihak yang terlibat kontak
Kontak social Skunder : Kontak social yang terjadi secara tidak langsung diantara pihak pihak yang terlibat kontak

4. Diperlukan adanaya kesadaran terhadap norma melalui sosialisasi yang terus menerus dan juga didukung oleh adanya sanksi yang mengikat terhadap pelanggar norma

5. a. Keturunan/biologis
b. Lingkungan alam
c. Lingkungan budaya
d. Lingkungan social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar